Thursday, June 4, 2020

SHARING BEASISWA FULLY FUNDED ICCR INDIA



Penulis: Danang S W 
Awardee Beasiswa ICCR India
Kontributor Artikel Ketiga


Gambar 1. Mas Danang SW Berkunjung Ke Tajmahal

Pembaca yang budiman, kali ini pengisi artikel ketiga adalah peraih beasiswa ICCR India yaitu Mas Danang SW. Instagram Mas Danang : www.instagram.com/danang_dann. Mari kita simak bersama tentang beasiswa ICCR India.
Pertama kali dengar beasiswa ICCR (Indian Council Cultural Relations) dari dosen kampus yang kebetulan dulu beliau pernah mengenyam pendidikan di India dengan jalur bantuan beasiswa ini pula. Mulai tertarik dan penasaran setelah mendengar cerita, uniknya india, dan serba serbi negeri dua benua ini.
Berbekal niat & tekad bulan raih beasiswa, di tahun 2018 ku mantapkan langkah tegap apply beasiswa ICCR. Dan alhamdulillah bi idznilah, ada pesan email masuk yang menyatakan bahwa saya dinominasikan sebagai awardee beasiswa ICCR 2018. Dua minggu selanjutnya, pihak Keduataan Besar India menginfokan untuk segera datang ke kantor kedutaan guna pengurusan dokumen, visa, dan berkas lainnya. Dan singkat cerita, bulan juli 2018 saya pun berangkat ke tanah Ghandi.
ICCR sebenarnya salah satu dari sekian beasiswa yang saya apply. Tujuannya ingin lanjut studi terlebih di luar negeri sebagai impian saya. Selain itu saya bisa mendapatkan international experience sebagai bonusnya bisa menambah wawasan dari Negara yang saya tuju. Dan kebetulan India banyak sekali keunikan makanan, budaya, seni, yang beranekaragam. Inilah yang membuat saya tertarik dengan India.
Alhamdulillah ini tahun terakhir saya di program Master, flascback setahun silam, pertama tinggal di india harus bisa siap menerima cultural shock. Banyak point disini sebenarnya. Cuma saya bagikan pengalaman singkat di ranah akademik dan aktifitas sehari2 saja. Di dunia akademik, saya pribadi merasa tertantang dengan sistem model pembelajaran serta metode pengajaran professor di kampus. Bagaimana tidak, dari pelafalan tutur kata saja mereka menggunakan bahasa inggris yang versi india. Ya pasti kalian tahu sendiri bagaimana mahasiswa india kalau ngomong inggris dengan logat khas mereka. Nah, itu yang salah satu polemik sebagai mahasiswa non-india disini. Namun, lambat laun, hal tersebut menjadi normalitas yag berjalan sehari-hari. Tinggal kita bagaimana beradaptasi dan bisa mengimbangi kondisi yang ada.
Nah, kembali lagi ke topic, untuk beasiswa ICCR sendiri cakupannya fully funded, uang bulanan, biaya kesehatan, uang buku per tahun, dll. Jadi, bagi para scholarship hunter, beasiswa ICCR ini sangat worth it. Tak ada salahnya untuk mencoba. Dan hampir semua jurusan ada, kecuali bidang kedokteran. Intinya tetap luruskan niat untuk belajar di luar negeri dimanapun itu, iringi doa dengan usaha. Dan tak lupa restu dari orang tua menjadi kunci utama.
Informasi detail tentang beasiswa ICCR bisa kalian kunjungi di official website saya. Semoga bermanfaat. Click here: https://www.mrdann.com/beasiswa-iccr-india-fully-funded-s1-s2-s3/
Bagi yang mau info tentang beasiswa lain boleh juga follow Instagram
Good luck and see you on the top of success.



Salam dari Tanah Gandhi,

@danang_dann

Catatan:
Bagi pembaca yang ingin mengirimkan naskah tentang pengalaman menarik dan karya inovasi, dapat dikirim melalui email: literasiinovasiprestasiblog@gmail.com

Redaksi
Dr. Budiyono Saputro, M.Pd

1 comment:

Prof. Dr. Budiyono Saputro, S.Pd., M.Pd  Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan IPA IAIN Salatiga Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd resmi dik...