Saturday, May 16, 2020

KIAT MENULIS ARTIKEL ILMIAH PADA JURNAL NASIONAL & INTERNASIONAL BEREPUTASI




Dr. Budiyono Saputro, M.Pd
Dosen IAIN Salatiga
International Editorial Board Member 
Journal for the Education of Gifted Young Scientists
Jurnal Internasional Bereputasi Scimago JR Indx.Scopus 


Dosen dan Mahasiswa sebagai sumber publikasi ilmiah (Tri Dharma Perguruan Tinggi). Publikasi merupakan siklus bagi peneliti untuk memperkenalkan hasil penelitian ke masyarakat. Publikasi juga dapat memberikan pengakuan dan penghargaan bagi peneliti. Era milenial akses publikasi elektronik semakin terbuka  Mari kita mengukur posisi dan keberadaan publikasi diri kita “Bagaimana perjalanan publikasi saya?”
  1. Saya baru berpikir untuk menulis.
  2. Saya baru mendapatkan ide menulis.
  3. Saya baru memulai menulis.
  4. Saya masih dalam tahap menulis.
  5. Saya baru finishing artikel
  6. Saya baru submit artikel
  7. Saya sedang menunggu hasil review.
  8. Saya baru dapat pemberitahuan diterima
  9. Lainnya?
Nah, setelah mengetahui posisi kita masing-masing. Saya akan berbagi materi kiat untuk menulis sebagai strategi dalam publikasi pada jurnal nasional dan internasional. Adapun garis besar materi adalah sebagai berikut:
1.       Pendahuluan
2.       Kebijakan Publikasi Ilmiah
3.       Klasifikasi dan Kriteria Jurnal
4.       Mengapa Harus Publikasi
5.       Delapan Kunci subtansi Artikel
6.       Kebijakan Internasionalisasi Jurnal
7.       Alasan Penolakan Artikel


20 comments:

  1. Hebat,bermanfaat dan penuh inovasi pasti sukses

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah....terimakasih atas tambahn ilmu ya Prof...

    ReplyDelete
  3. Terima kasih Bapak. Sangat bermanfaat. Sukses selalu 👍

    ReplyDelete
  4. Terima kasih prof... semoga bermanfaat... sehat dan sukses selalu

    ReplyDelete
  5. Trima kasih prof..semoga bermafaat

    ReplyDelete
  6. Materi yg sangat luar biasa... ijin downlod materinya prof..

    ReplyDelete
  7. Ijin download materinya prof ..terimakasih

    ReplyDelete
  8. Terimakasih atas banyak ilmunya pak, sangat bermanfaat dan memotivasi sekali😊🙏🙏 sukses selalu pak😊

    ReplyDelete
  9. Mantab pak Budi... Sukses selalu...

    ReplyDelete
  10. Memotivasi untuk terus menulis...
    Mantap

    ReplyDelete
  11. Bagus sekali materinya Prof.
    Alhamdulillah bisa Ngansu kaweruh

    ReplyDelete
  12. Bagus sekali materinya Prof.
    Alhamdulillah bisa Ngansu kaweruh

    ReplyDelete
  13. Keren bapak, Alhamdulillah terimakasih bnyak ilmunya bapak

    ReplyDelete
  14. Sangat bermanfaat, terima kasih bpk prof.

    ReplyDelete

Prof. Dr. Budiyono Saputro, S.Pd., M.Pd  Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan IPA IAIN Salatiga Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd resmi dik...